Sejarah perjuangan kemerdakaan Indonesia, tidak terlepas juga dari sejarah kota yang ada di Indonesia, yaitu Bandung. Di mana di kota ini terdapat banyak peristiwa bersejarah yang terjadi di Bandung seperi peristiwa Bandung Lautan Api. Kota ini memiliki banyak bngunan bersejarah di kota Bandung. Pada saat ini, kami kan mengenalkan beberapa tempat bersejarah yang ada di Bandung yang wajib kalian ketahui. Simak daftar lengkapnya di bawah ini.

Deretan Bangunan Sejarah di Bandung

1. Gedung Sate

Daftar yang pertama ini merupakan sebuah gedung yang memiliki ciri khas berupa ornamen tusuk sate pada menara sentralnya. Gedung ini sendiri mulai dibangun tahun 1920 dan saat ini masih berdiri kokoh. Gedung ini berfungsi sebagai gedung pusat Pemerintahan Jawa Barat. Gedung Sate pada masa Pemerintahan Hindia Belanda ini disebut Gouvernements Bedrijven (GB). Di mana peletakkan batu pertama dilakukan oleh johanna Catherina Cops yang merupakan putri sulung Walikota Bandung.

Gedung Sate diperuntukkan bagi Departemen Lalu Lintas dan Pekerjaan Umum. Bahkn tempat ini sempat menjadi pusat pemerintahan Hindia Belanda setelah Batavia yang dianggap sudah tidak memenuhi syarat sebagai pusat pemerintahan karena perkembangannya, sehingga digunakan untuk Jawatan Pekerjaan Umum.  Pada 03 Desember 1945, terjadi peristiwa ini memakan korban tujuh pemuda yang mempertahaankan gedung Sate dari seranganb pasuk Gurha.

2. Monumen Bandung Lautan Api

Monumen Bandung Lautan Api diabngun untuk mengenang peristiwa Bandung Lautan Api yang terjadi pada tnggal 23 Maret 1946. Peristiwa ini berawal dari ultimatum tentara sekutu agar Tentara Republik Indonesia meninggalkan kota Bandung. Selain itu, mereka juga menginginkn agar semua warga Bandung di luar TNI dan BKR menyerahkan senjata. A.H. Nasution, Komandan Divisi III Siliwangi, mengobarkan semangat perjuangan dengan membumihanguskan Bandung Selatan.

3. Museum Konferensi Asia-Afrika

Selanjutnya adalah museum Asia Afrika di bandung yng tidak terlepas dari gagasan prof. Dr. Mochtar Kusumaatmadja, S.H., LL.M. yang menyaatakan gagagasan tersebut karena terilhami oleh keinginan untuk mengabadikan konferensi Asia Afrika 1955 yang merupakan tonggak keberhasilan politik luar negeri Indonesia. Panitia peringatan 25 Tahun Konferensi Asia Afrika berhasil mewujudkan gagasan tersebut.

4. Benteng Pasir Ipis

Berikutnya adalah bangunan bersejarah di bandung yang terletak di Kampung Pasir Ipis, Kabupaten Bandung Barang. Benteng ini merupakan benteng peninggalan Belanda yang telah membentang hampir mencapai 1 km. Benteng ini dibangun pada tahun 1981-1930. Sebagian benteng ini dibangun pada tahun 1891 hingga 1930. Di mana sebagian bangunn benteng ini sudah tertimbun tanah dan pepohonan. Bagian badan benteng juga sudah ditumbuhi lumut fasilits yang tersedia di benteng Pasir Ipis yang belum memadai karena belum banyaknya perhatian terhadap peninggalan Belanda ini.

5. Gedung Indonesia Menggugat

Dan yang terakhir adalah Gedung Indonesia Menggugat yng berada di Jalan Perintis Kemerdekaan No. 5, Kota Bandung. Nama gedung ini diambil dari judul pidato pembelaan yang dibut oelh Soekarno, yitu Indoensia Menggugat (Indonesia Klaagt Aan), di mana beliau membacakan sendiri di slah satu ruang di gedung Indonesia. Pada masa kolonial, gedung ini merupakan gedung pengadilan kolonil Belanda yang berfungsi sebagai rumah hunian. Gedung ini beralih fungsi menjdi Gedung Pengadilan negeri Belanda (Landraad) setelah renovasi kebakaran. Gedung ini juga sempat menjadi kantor Palang merah Indonesia pada periode 1947 hingga 1949.

Nah itu dia beberapa rekomendasi tempat bersejarah di Bandung yang wajib kalian ketahaui, di mana tempat bersejarah ini merupakan sebuah tempat telah terjadinya sebuah kegiatan bersejarah di masa lampau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *