Indonesia merupakan salah satu negara yang sudah berdiri sejak waktu yang lama. Dalam kurun waktu yang sangat panjang hingga negara ini didirikan, banyak sekali bangunan bersejarah dengan nilai historis yang tinggi serta arsitektur yang menawan. Tidak hanya itu, bangunan ini juga dikenal hingga ke mancanegara. Berbagai unsur budaya, ras, serta agama ini melahirkan desain unik yang membuat bangunan ini memiliki desain yang beraga. Terdapat banyak bangunan bersejarah terpopuler yang ada di Indonesia, simak daftar lengkapnya di bawah ini.

Bangunan Bersejarah yang Ada di Indonesia

1. Candi Borobudur

Bangunan bersejarah yang pertama ini adalah candi Borobudur yang mnerupakan salah satu bukti bangunan peninggalan umat Budha yang dinobatkan sebagai salah satu situs warisan dunia oleh UNESCO. BCandi ini dibangun di era Raja Samaratungga dari Dinasti Syailendra pada tahun 825 SM, dan merupakan candi terbesar di dunia dengan tinggi 42 meter. Arsitek candi ini merupakan Gunadharma yang memahat 2672 panel relief dengan panjang mencapai 6 km.

2. Lawang Sewu

Selanjutnya adalah sebuah bangunan bersejarah peninggalan era penjajahan Belanda yang hingga saat ini  berdiri di Semarang. Bahkan bangunan ini pernah difungsikan sebagai Kantor Perusahaan Kereta Api Hindia Timur, di mana sekarang ini bangunan dijadikan sebagai tempat wisata eksotik yang paling diminati oleh banyak wisatawan. Namanya secara harfiah, berarti seribu pintu, tidak sertamerta jumlah pintu dari bangunan yng didirikan pada tahubn 1907 ini.

3. Keraton Yogyakarta

Keraton Yogyakarta merupakan istana resmi Kesultanan hingga sekarang ini. Sebagian dari kompleks keraton ini digunakan menyimpan bermacam-macam koleksi kesultanan. Beberapa koleksinya adalah pemberian dari bangsawan Eropa hingga replika pusaka serta gamelan. Desain arsitektur yang mengagumkan ini merupakan salh satu istana khas Jawa dengan tampiln terbaik.

4. Pura Besakih

Daftar lainnya adalah sebuah pura yang berdiri megah di ketinggian 915 kaki di kaki Gunung Agung yang terlihat mengagumkan dengan gaya arsitektur khas Bali yang sangat distingtif. Bangunan yang dibangun sejak abad ke-10 Masehi menjadi pusat kegiatan spiritual Hindu Dharma di Pulau Dewata. Segala fitur yang dimiliki Pura ini ditetapkan sebagai situs warisan budaya UNESCO sejak selamat dari erupsi Gunung Agung pada tahun 1963.

5. Keraton Yogyakarta

Keraton ini merupakan istana resmi Kesultanan Yogyakarta yang sekarang berfungsi sebagai rumah sultaan yng menjalankan tradisi kesultanan gingga sekarang ini. Sebagin kompleks keraton ini digunakan untuk menyimpan bermacambermacam koleksi kesultanan. Beberapa di antaranya seperti pemberian bangsawan Eropa hingga replika pusaka dan gamelan. Desain arsitektur yang mengagumkan, bangunan ini disebut sebagai salah satu istana khas Jawa dengan tampilan terbaik.

6. Gereja Katredal

Dan yang terakhir adalah sebuah gereja yang memiliki tinggi mencapai 60 meter yang terletak di bersebelahan dengan Masjid Istiqlal. Gereja ini berdiri sejak tahun 1981 yaang menggantikan bangunan gereja yang runtuh di era Belanda. Bangunan ini mengusung gaya arsitektur neo-gotik yang dibangun dengan dana sebesar 628 ribu gulden yang berasal dari jemaat saat itu. Bangunan yang diarsiteki oleh Pastor Antonius yang berdiri kokoh hingga saat ini.

Itulah dia 6 daftar bangunan bersejarah yang bisa kalian kunjungi, dengan berbagai kejadian bersejarah yang bisa kalian ketahui dari jenis bangunaan tersebut. Sekian informasi ini kami sampaikan, semoga membantu ya sobat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *