Daftar Bangunan Bersejarah yang ada di Jambi

Berwisata merupakan salah satu kegiatan yang sungguh mengasyikkan, di mana akan lebih bermanfaat jika wisata kalian diisi dengan berbagai wawasan dan pengetahuan mengenai sejarah yang pernah terjadi di sebuah daerah. Bangunan dan tempat-tempat bersejarah memiliki nilai historis dan berbagai hal yang tersimpan dalam tempat tersebut. Nilai historis yang melekat pada tempat bersejarah itu pastinya memiliki hubungan erat dengan pencapaian dengan keadaan yang terjadi di masa saat ini.

Seperti yang kita tahu, Indonesia memliki berbagai bangunan bersejarah, salah satunya adalah tempat bersejarah yang ada di  Jambi. Kali ini, kami akan merekomendasikan beberapa daftar tempat bersejarah di Jambi, yang perlu kalian ketahui.

Bangunan Bersejarah di Jambi yang Bisa Dijadikan Sebagai Tempat Wisata

1. Candi Muaro Jambi

Candi yang pertama ini berada di Kecamatan Maro Sebo, Desa Muara Jambi, Muara Jambi. Di komplek ini terdapat sebuah kolam yang disebut kolam Telago Rajo yang pada mas itu merupakan tempat penampungan air. Kerajaan melayu pernah ada di Jambi yang menyisakan beberapa bangunan bersejarah. Kompleks ini juga merupakan salah satu candi peninggaan sejarah kerajaan Melayu.

2. Kota Tua Batang Hari

Selanjutnya adalah sebuah kota yang bernuansa Netherland di tanah Jambi. Bangunan ini menjadi saksi bisu masa peralihan kekuasaan dari masa penjajahan ke masa kemerdekaan. Bangunan ini juga masih bisa dikunjungi, tetapi beberapa sudut dan bagian bangunan ini telah direnovasi oleh pemerintah kota Jambi. Bangunan kota tua ini akan menjadi cikal bakal kota Tembesi yang berada di Jalan Lintas Samutera Jalur Tengah (Jalinteng) Batang Hari jambi.

3. Masjid Al-Falah

Masjid yang terkenal dengan sebutan “Masjidb Seribu Tiang” ini dibangun pada tahun 1971 yang selesai pada tahun 1970 dengan menghabiskan 9 tahun masa pembangunan. Masjid ini dikenal dengan sebutan Masjid Seribu Tiang, di mana sebenarnya tiang yang ada di dalam masjid ii berjumlahakan 256 buah. Bentuk masjid ini juga cukuplah sederhana tanpa adanya sekat dan juga dinding. Dan yang ada hanyalah sebuah tiang dengan atap beserta kubanya.

4. Istana Abdurrahman Thaha Saifuddin

Berikutnya adalah istana yang berada di Tanah Garo Muara Tabir Jambi. Sultan Thaha Saifuddin merupakan raja terakhir kerajaan Jambi yang dinobatkan sebagai pahlawan Nasional. Di mana ia meninggal dalam sebuah pertempuran melawan Belanda dengan semangat yang gigih memperjuangkan tanah lahirnya. Penghargaan tersebut juga datang dari dalam negeri dengan mendirikan sebuah patung yang berfungsi mengenang Sultan Thata Saifuddin di depan kantor Gubernur Jambi.

5. Kelenteng Hok Tek

Dan yang terakhir adalah kelenteng bersejarah yang merupakan pemeluk agama Budha, karena kelenteng ini berada di Jambi. Kelenteng yang satu ini berada di jalan Husni Tamrin, Beringin, Pasar, Jambi. Kelenteng yang satu ini berada di sekitar tahun 1800. Di mana kawasan ini dipindahkan ke kawasan Kampung Manggis Jalan Kirana II RT 10, Cempaka Putih, Jelutung, Jambir yang berada di sekitar tahun 1982. Hal menarik dari kelenteng yang berukuran 8×6 meter ini adalah dimana dulu akan dipugar, ternyata proses tersebut tidak dilanjutkan. Karena ditemukannya bangunan candi yang berada di komplek kelenteng karena yang dialihfungsikan menjadi bangunan museum.

Nah ini dia 5 daftar destinasi wisata bersejarah yang berada di Jambi yang harus sekali kalian kunjungi saat berada di kawasan Jambi dan sekitarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *