Daftar Tempat Bersejarah yang ada di Pontianak, Kalimantan Barat

Daftar Tempat Bersejarah yang ada di Pontianak, Kalimantan Barat

Daftar Tempat Bersejarah yang ada di Pontianak, Kalimantan Barat

Pontianak merupakan salah satu kota yang ada di provinsi Kalimantan Barat. Di kota ini terdapat berbagai bangunan tua yang sudah menjadi cagar budaya atau benda warisan budaya. Dimana berbagai sejarah yang ada di Indonesia ini merupakan sebuah peninggalan dan tempat terjadinya sebuah peristiwa penting yang pernah terjadi di masa lalu. Nah, kali ini kami akan merekomendasikan beberapa daftar yang bisa kalian kunjungi di kota Pontianak. Penasaran? Yuk, langsung saja simak daftar lengkapnya berikut ini.

Destinasi Tempat Bersejarah di Pontianak

1. Masjid Jami Pontianak

Daftar yang pertama ini merupakan sebuah masjida yang dikenal dengan nama Masjid Sultan Syarif Abdurrahman. Masjid ini merupakan sebuah bangunan tertua dan juga terbesar di kota Pontianak ini. Bangunan ini sendiri telah menjadi sebuah pertanda berdirinya sebuah kota Pontianak pada tahun 1771 Masehi. Pendiri tempat ibadah ini sendiri berada di kapasitas 1.500 jamah yang akan menjadi sebuah pendiri kota Pontianak, yaitu Syarif Abdurrahman Alkadrie.

2. Kantor Bappeda Pontianak

Selanjutnya adalah sebuah kota yang berada di jalan Zainuddin, kecamatan Pontianak kota. Awalnya kota ini merupakan sebuah komplek kantor Residen Bangunan yang ada di abad 20 Masehi. Kantor ini juga pernah dijadikan sebagai kantor wali kota Pontianak yang ada pada zaman belanda. Desain yang dimiliki bangunan in masih dipertahankan, mulai dari lantai kayu, jendela kayu, dan juga atap sirap. Kantor ini juga memiliki dua ruang aula yang sering digunakan berbagai jenis kegiatan yang ada.

3. Lapangan Keboen Sajoek

Lapangan sang saka Merah putih pertama kali dikibarkan di lapangan ini pada tanggal 19 September 1945. Lapangan ini menandakan sebagai kota Pontianak sebagai bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia. Lapangan ini juga telah mencatatkan diri sebagai saksi bisu perjalanan sejarah Idnonesia di tanah Khatulistiwa. Pada tanggal 15 oktober 1945, lapangan ini juga digawangi oleh para organisasi yang sama.

4. Kantor Pos Barang

Berikutnya adalah salah satu tempat bersejarah yang berada di Jalan Rahadi Usman, Pontianak Kota, di depan alun-alun Kapuas. Kantor ini berada di satu komplek dengan bangunan penting di Pontianak. Kantor pos ini juga merupaka sebagai bangunan kolonial negara Belanda pada usia tahun 1937 yang sudah tidak lagi difungsikan sebagai kantor pos dan rencananya akan menjadi sebuah perpustakaan dan juga museum. Bangunan ini memanjdang ke belakang dengan aksen yang membulat di lobby utama serta atap yang meruncing.

5. Istana Kadriah

Pendirian Pontianak yang ada pada 239 tahun lalu tidak lepas dari sejarah pendirian Istana Kadria yang terletak di sejarah pendirian Istana Kadriah yang berada di persimpangan sungai, yaitu Sungai Landak, Sungai kapuan Kecil, dan Sungai Kapuas. Pendiri istana ini sendiri dilakukan oleh Syarif Abdurrahman Alkadrie ang anak seorang hakim agama kerajaan Matan yang sering berkeliling dan bertemu dengan berbagai saudagar di dunia.

Nah itu dia 5 daftar destinasi wisata bersejarah yang bisa kalian kunjungi di kota Pontianak yang ada di pulau Provinsi Kalimantan barat. Di pulau ini terdapat berbagai peninggalah sejarah yang mana tempat tersebut telah terjadinya sebuah peristiwa negara Indonesia pada zaman lalu. Sekain informasi ini kami sampaikan, yuk kunjungi beberapa daftar tempat yang kami bagikan di atas ini dan dapatkan wawasan informasi sejarah pada daftar temnpat ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *