Daftar Tempat Bersejarah yang Wajib Kalian Ketahui di Surabaya

Surabaya merupakaan ibu kota dari provinsi Jawa Timur yang dikenal dengan sebutan Kota Pahlawan. Surabaya memiliki sejarah besar yang mencatat perjuangan Arek-Arek Suroboyo dalam mempertahankan kemerdekaan Bangsa Indonesia dari penjajah. Oleh sebab itu, kota ini merupakan salah satu kota di Indonesia yang memiliki sumber sejarah serta lokasi bersejarah yang harus kalian kunjungi. Penasaran, apa saja daftar tempat wisata bersejarah yang ada di kota Surabaya? Simak daftar lengkapnya berikut ini.

Deretan Tempat Bersejarah yang Wajib Diketahui

1. Museum Surabaya Siola

  • Alamat: Jalan Tunjungan No. 1, Genteng, Genteng, Surabaya, Jawa Timur

Tempat bersejarah yang pertama ini merupakan Museum Surabaya Siola yang telah diremikn pada tahun 2015 yang hadir dari inisiatif Wali Kota Surabaya, yaitu Tri Rismaharini. Museum ini berisikan kisah sejarah dan koleksi benda bersejarah mulai dari masa kolonial, wal kemerdekaan, hingga saat kini. Museum ini sendiri buka setiap hari Selasa sampai dengan Minggu mulai pukul 09.00 hingga 21.00, dan tutup setiap hari Senin.

2. Museum WR Soepratman

  • Alamat: Jalan Mangga No. 21, Tambaksari, Tambaksari, Surabaya, Jawa Timur

Museum yang satu ini didedikasikan secara khusus untuk WR Soepratman, sang pencipta lagu Indonesia Raya. Saat kalian mengunjungi museum ini, kalian akan disambut dengan patung WR Soepratman sedang memainkan biola. Museum ini sendiri merupakan rumah kakak WR Soepratman, yaitu Rukiyem Supratijah yang turut ditempati Soepratman sejak tahun 1936. Di mana ia harus menempati rumah ini dan bersembunyi dari kejaran pasukan Belanda, karena telah menciptakan lagu Indonesia Raya.

3. Museum Sepuluh Nopember

  • Alamat: Jalan Pahlawan, Alun-alun Contong, Bubutan, Surabaya, Jawa Timur

Selanjutnya adalah sebuah museum yang berada di kompleks Tugu Pahlawan. Museum ini berisi semua hal yang berkaitan dengan kejadian perang yang terjadi di 10 Nopember 1945. Salah satu koleksi yang banyak ditampilkan museum ini merupakan foto dan beberapa lukisan yang mengisahkan sejarah masa lalu. Museum ini juga memiliki koleksi peralatan perang Arek-arek Suroboyo yang pada masanya menjadi tokoh sendtral dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Museum ini buka setiap hari mulai dari pukul 08.00 hingga 16.00 WIB.

4. De Javasche Bank

  • Alamat: Jalan Garuda No 1, Krembengan Selatan, Krembengan, Surabaya, Jawa Timur

De Javasche Bank atau “Museum Bank Indonesia” ini didirikan oleh pemerintah Belanda yang ada pada tahun 1828. Perubahan nama menjadi Bank Indonesia ini dilakukan pada tahun 1953 yang mulai berhenti beroperasi sebagai bank pada tahun 1973. Gedung ini telah dinobatkan sebagai cagar budaya milik Bank Indonesia yang dijadikan sebagai museum. Museum ini sendiri memamerkan berbagai barang bersejarah mengenai perbankan, mulai dari mesin pencetak uang, sejarah bentuk uang, arsip, dan sebagainya.

5. Monumen Kapal Selam

  • Alamat: Jalan Pemuda No 39, Embong Kaliasin, Genteng, Surabaya, Jawa Timur

Dan yang terakhir ialah Monumen Kapal Selam “Monkansel” yang berada di pusat kota. Monumen ini merupakan kapal selam KRI Pasopati 410, yang merupakan salah satu armada Angkatan laut Republik Indonesia buatan Uni Soviet tahun 1952. Kapal ini pernah dilibatkan dalam Pertempuran Laut Aru untuk dapat membebeaskan Irian Barat dari pendudukan Belanda. Museum ini juga mengadakan pertempuran dilm mengenai proses peperangan yang terjadi di Laut Aru.

Nah ini dia 5 daftar tempat bersejarah yang menyimpan berbagai kisah sejarah yang wajib kalian kunjungi di Surabaya. Dalamkan wawasan kalin mengenai sejarah Indonesia melalui tempat bersejarah di atas ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *