Daftar Tempat Wisata Bersejarah Di Jakarta

Daftar Tempat Wisata Bersejarah Di Jakarta
Daftar Tempat Wisata Bersejarah Di Jakarta

Jakarta tidak hanya dilengkapi dengan beragam gedung pencakar langit saja, tetapi Jakarta juga dilengkapi dengan banyaknya beragam tempat bersejarah yang seru untuk kalian kunjungi sebagai alternatif rekreasi kalian. Dengan wisata sejarah ini, kalian dapat emnambah wawasan seputar sejarah di Indonesia, meningkatkan rasa nasionalisme, dan pastinya berbagai hiburan berkualitas dengan biaya yang murah. Nah, kali ini kami akan membahas beberapa daftar tempat wisata yang bisa kalian kunjungi di Jakarta Utara. Penasaran? Yuk, simak lengkapnya pada daftar di bawah ini.

Daftar Tempat Nongkrong Terbaik yang Berada di Jakarta Utara

1. Museum Satria Mandala

  • Alamat: Jl. Jenderal Gatot Subroto No. 14, RT.6/RW.1, Kuningan Barat, Jakarta Selatan
  • Pukul Buka: 09.00 s/d 14.30

Museum merupakan salah satu tempat bersejarah di Jakarta Selatan yang populer dan ramai dikunjungi banyak orang. Museum Satria Mandala ini merupakan kediaman Ratna Sari Dewi, seorang isteri presiden pertama Republik Indonesia, yaitu IR. Soekarno. Tidak hanya itu, rumah ini bahkan menjadi tempat persemayaman terakhir Presiden Soekarno Hatta sebelum dikuburkan ke kota Blitar. Saat Soeharto menjabatkan diri sebagai presiden, pada tahun 1971 rumah ini resmi menjadi Museum Satria Mandala yang dialihfungsikan sebagai pusat sejarah TNI.

2. Museum Fatahillah

  • Alamat: Jl. Taman Fatahillah No. 1, Jakarta Barat
  • Pukul Buka: 09.00 s/d 15.00

Selanjutnya adalah museum yang akan memberikan nuansa nostalgia yang kuat karena banyaknya bangunan yang belum diubah saat dibangun pada masa kolonial Belanda. Gedung ini dibangun oleh seorang Jenderal Jan Pieterszoon Coen pada tahun 1620. Museum yang memiliki 23.500 benda bersejarah ini dapat kalian nikmati dari periode yang berbeda-beda. Untuk kalian yang ingin berwisata ke tempat ini, jangan lupa untuk kalian membawa E-Money dengan menggunakan TransJakarta maupun KRL.

3. Museum Kebangkitan Nasional

  • Alamat: Jalan Abdurrahman Saleh No.26, sebelum RSPAD Gatot Subroto, Jakarta Pusat
  • Pukul Buka: 09.00 s/d 15.00

Tahukah kalian? Jika sebelum tempat ini menjadi sebuah museum Kebangkitan Nasional, tempat ini adalah sebuah sekolah kedokteran pada era kolonial Belanda bernama STOVIA atau “School tot Opleding van Inlandsche Arsten”. Tempat yang diresmikan pada tahun 1902 ini merupakan tempat bersejarah yang memiliki beberapa diorama sebagai koleksi museum seperti guru STOVIA, pelajar STOVIA, hingga diorama Kartini.

4. Tugu Proklamasi

  • Alamat: Jl. Proklamasi, RT.10/RW.2, Pegangsaan, Menteng, Jakarta Pusat
  • Pukul Buka: 06.00 s/d 21.00

Tugu yang pertama kali dibangun pada tanggal 1 Januari 1961 ini telah diresmikan Presiden Soeharto pada tanggal 17 Januari 1972. Di Tempat ini kalian dapat mengenang sejarahg pembacaan proklamasi kemerdekaan RI oleh IR. Soekarno. Lokasi ini tidak hanya dijadikan sebagai tempat wisata saja, tetapi tempat ini sering digunakan sebagai tempat upacara kemerdekaan.

5. Museum Katedral

  • Alamat: Jl. Katedral, Pasar Baru, Jakarta Pusat
  • Pukul Buka: 10.00 s/d 16.00

Daftar yang terakhir ini ialah sebuah tempat ibadah umat Katholik yang juga berfungsi sebagai tempat wisata bersejarah. Katedral ini awalnya diresmikan pada tanggal 28 April 1991 oleh Mgr. Julius Darmaatmadja. Koleksinya yang berupa sejarah para misionaris dari Belanda ini ditugaskan untuk menyebarkan agama Katolik beserta dengan deretan foto Kardinal dari waktu ke waktu.

Itu dia 5 daftar tempat wisata bersejarah yang bisa kalian kunjungi di sekitar provinsi Jakarta. Dengan tempat wisata bersejarah ini, kalian akan menemukan berbagai informasi sejarah lalu yang dapat menambah wawasan kalian. Tidak hanya itu, tempat wisata bersejarah yang ada di atas ini juga ada beberapa tempat yang masih aktif di operasionalkan hingga saat ini. Sekian informasi ini kami sampaikan, terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *