Deretan Daftar Bangunan Bersejarah yang ada di Semarang

menyimpan berbagai jejak sejarah di masa lalu. Para wisatawan asing juga tertarik untuk dapat berkunjung kee semarang. Sejak kerajaan Mataram runtuh dan terpecah, Semarang menjadi pusat kekuasaan negara Belanda pada masa lampau. Semarang sendiri menjadi salah satu dari tiga pusat pelabuhan utama selain Jakarta dan Surabaya bagi Hindia Belanda.Kali ini kami akan menjelaskan beberapa bangunan di Semaraang yang merupakan sisa peninggalan dari zaman penjajahan Eropa di Indonesia.

Bangunan Bersejarah di Semarang

1. Lawang Sewu

Bangunan yang pertama ini sangat terkenal untuk kalangan para pecinta bangunan kuno dan sejarah. Arti dari pada Lawang Sewu sendiri ilah seribu pintu yang berasal dari pintu yung sangat banyak dan jendela yang tinggi dan besar sehingga menyerupai pintu. Bangunan ini sendiri merupakan bekas kantor Nederlands Indische Spoorweg Maatschappij (NIS) atau perusahaan kereta api Belanda. Bangunan disini masih asli termasuk hiasan kaca patri yang terdapat di salah satu bagian bangunan.

Pembangunan ini sendiri dimulai pada tahun 1903 hingga tahun 1907 oleh arsitek Belanda ternama Prof. Jacob F. Klinkhamerr dan BJ Queendag. Nilai sejarah yang dimiliki bngunan bersejarah ini membuatnya menjadi satu dari 102 bangunan kuno yang harus dilindungi oleh pemerintah kota Semarang.

2. Kota Lama Semarang

Selanjutnya adalah salah satu sudut yang menyimpan bangunan bersejarah di kota Semarang yaitu area kota Lama yang memiliki pesona kemegahan arsitektur Eropa dan Belanda pada zaman dahulu yang klasik. Kota lama ini banyak yang menjulukinya sebagai Little Netherland berkat kanal-kanal kecil yang berada di pinggir jalan.

3. Kantor Pos Besar Semarang

Semarang sendiri merupakan salah satu dari tiga kota pelopor jasa pos pertama yang ada di Indoensia. Gedung ini sendiri diperintahkn pembangunannya oleh Gubernur Jenderal Hindia Blenda ke-27, Gustaaf Willem Baron van Imhoff juga mendirikan kantor pos pertama di Batavia. Sebelum menempati gedung ini, lembaga ppos dibentuk oleh J.P Theben Tervile yang mulai beroperasi pada tahun 1862 menempati gedung di area kota Lama Semarang. Sampai pada akhirnya, pembangunan ini berhasil disempurnakan pada tahun 1951  dan diresmikan pada tanggal 20 Mei 1953 oleh Bung Karno.

4. Tugu Muda

Berikutnya adalah pembangunan tugu muda yaang merupakan wujud dari penghargaan masyarakat Semarang terhadap jasa-jasa para pejuang yang gugur dalam pertempuran kemerdekaan. Tugu ini sendiri merupakan lambang dari semangat para anak muda di Semarang yang melawan penjajahan Jepang, tepatnya Perang Lima Hari Semarang yang sedang berlangsung dari 14-19 Okteober tahun 1945. Tugu ini sendiri dibangun pada 28 Oktober 1945 oleh gubernur Jawa Tengah di masa dengan beberapa kali penundaan karena perang melawan sekutu, Jepang, dan lainnya.

5. Gedung Marabunta

Dan yang terakhir adalah bangunan bersejarah yang ada di Semarang dan berada di Jalan Cendrawasih no.23 Semarang. Ciri unik bangunan ini terdapat di bagian gedung yaitu patung semut raksasa yang ada di bagian atapnya. Pendirin bangunan yng laangit-langitnya berbentuk geladak kapal terbalik ini sayangnya sulit dipastikan karena adanya beberapa data yang simpang siur. Gedung ini sendiri dapat ditelusuri pada tahun 1854 saat kalangan masyarakat Eropa terdapat pementasan tetap yang berlangsung sebulan sekali.

Nah itu dia beberapa daftar bangunan bersejarah terbaik yang berada di Semarang yang masih berdiri hingga saat ini. Sekian informasi ini kami sampaikan, saat kalian di Semarang jangan lupa untuk mengunjungi beberapa daftar tempat bersejarah ini ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *