Deretan Tempat Wisata Bersejarah di Indonesia yang Menjadi Saksi Kemerdekaan NKRI Indonesia

Seperti yang kita ketahui, wisata bersejarah di Indonesia sangat beragam dan tentunya menarik untuk dikunjungi serta kita pelajari. Kalian bisa mengunjungi tempat bersejarah yang memiliki beragam sejarah yang ada di Indonesia. Dengan mengunjungi ini, kalian juga sudah berpartisipasi dalam melestarikan sejarah tersebut. Wisata sejarah Indonesia ini sangat bagus untuk mengedukasi kalian, terutama untuk anak-anak agar dapat menanamkan nilai nasionalisema dalam diri mereka. Pada kesempatan ini, kami akan merekomendasikan tempat paling bersejarah di Indonesia yang bisa kalian kunjungi, berikut ini.

Tempat Wisata Bersejarah di Indonesia yang Menjadi Saksi Kemerdekaan

1. Lawang Sewu

Lawang Sewu merupakan gedung bersejarah yang terletak di Semarang, Jawa tengah. Yang mana pada masa itu, terdapat sekitar tahun 1904 gedung yang dibangun dan selesai pada tahun 1907. Tempat bersejarah ini merupakan ssebuah kantor yang digunakan Nederlands-Indische Spoorweg maatschappij atau dikenal sebagai “NIS”. Gedung ini berada di Bundaran Tugu Muda. Pada awalnya, kegiatan administrasi dilakukan pada kantor stasiun Semarang NIS. Seiring bertambahnya waktum mengakibatkan perkembangan jalur kereta di Semarang menjadi semakin pesat dan mengakibatkan bertambahnya kebutuhan akan personiil teknis maupun tenaga administrasi.

2. Benteng Vredeburg

Masih berada di seputar Jawa Tengah, di mana benteng ini berada di lokasi yogyakarta dan sangat erat dengan Keslutanan Yogyakarta dan perjuangan masyarakat dalam memerdekakan Indonesia. Pembangunan benteng ini diusulkan oleh pihak Belanda. Di mana pihak Belanda kemajuan kraton Yogyakarta menjadi semakin pesat dan ternyata mereka ingin mengontrol menguasai pemerintahan Yogyakarta pada masa tersebut. Belanda juga kemudian membuatkan benteng dekat Kraton agar dapat menjaga keamanan kraton dan skeitarnya. Padahal, benteng ini digunakan menjadi temoat mengontrol Kraton Yogyakarta dan segala perkembangannya baik di dalam maupun di luar.

3. Istana Maimun

Selanjutnya Medan juga memioliki tempat wisata sejarah di Indonesia yang menarik dikunjungi, yaitu Istana Maimun. Istana ini merupakan istana kebesaran untuk kerajaan Deli yang didominasi dengan warna kuning yang merupakan warna kebesaran khas Kerajaan Melayu. Istana ini merupakan salah satu ikon kota Medan, Sumatera Utara. Dalam istana ini, kalian akan menemukan berbagai meriam legendaris, yaitu Meriam Buntung.

4. Gedung Sate

Gedung Sate merupakan bangunan bersejarah yang berada di bandung, Jawa barat. Gedung ini memiliki keunikan, di mana puncak menaranya terdapat ornamen yang berbentuk seperti tusuk sate. Arsitek gedung ini ialah Ir. K. Gerber yang merupakan salah satu masukan arsitek Belanda sehingga memiliki nuansa arsitektur yang khas dari Hindia-Belanda.

5. Gereja Katedral

Dan yang terakhir adalah tempat ibadah yang merupakan salah satu bangunan bersejarah di Indonesia dengan desain arsitektur cantik ini. Bangunan ini berdiri dengan kokoh di Jakarta dan resmi digunakan pada tahun 1901. Letak gereja ini tidak jauh dari masjid Istiqlal, di karenakan banyaknya nilai sejarah yang terkandung di dalamnya, membuat bangunan ini menjadi wisata sejarah Indonesia yang menarik.

Nah itu dia beberapa tempat wisata bersejarah yang memiliki segudang kisah sejarah menarik yang bisa kalian kunjungi untuk menambah rasa nasionalisme kalian serta mengetahui berdirinya sebuah bangunan yang memiliki kisah sejarah menarik di dalamnya. Yuk, kunjungi tempat wisata bersejarah di atas dan dapatkan bebragai informasi tempat bersejarah yang bisa kalian pelajari dan peroleh di sana.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *