Sejarah & Kegunaan Museum Bank Indonesia di Jakarta

Museum Bank Indonesia menempati gedung Bank Indonesia yang sebelumnya digunakan De Javasche Bank, sebuah gedung yang memiliki nilai sejarah yang tinggi. Di mana pemerintah telah menetaapkan bngunan ini sebaagai bangunan cagaar budaya sesuai SK Gubernur DKI Jakarta No. 475 tahun 1993. Sebagai dasar filosofis tentang pembangunan sebuah museum Bank Indonesia adalah peran penting Bank Indonesia itu sendiri yang termaktub dalam UU No. 23 tahun 1999. Museum Bank Indonesia menjadi sarana yang sangat penting bagi Bank Indonesia sendiri dalam melakukan sebuah edukasi terhadap masyarakat.

Museum Bank Indonesia diresmikan oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono tanggal 21 Juli tahun 2009. Semuaa oraang boleh mengunjungi museum BI tanpa dipungut biaya. Di Museum BI, pengunjung dapat menggali ilmu pengetahuan tentang perjalanan Bank Indonesia termasuk dampak dari kebijakan-kebijakan yang pernah di ambil dari masa ke masa, di mana itu semua merupakan bagian dari perjalanan bangsa Indonesia yang sangat berharga.

Tidak hanyaa melalui museum Bank Indonesia saja, sekarang Bank Indonesia juga sudah merencanakan untuk mendirikan museum Bank Indonesia di daerah-daerah dengan memanfaatkan bangunan-bangunan yang sudah tidak terpakai. Fasilitas yang disediakan di Museum Bank Indonesia antara lain adalah pusat informasi Bank Indonesia (Bank Indonesia Information Centre), perpustakaan dan lain sebagainya. Di BI Information Centre, pengunjung akan dimanjakan dengan berbagai ragam informasi dalam bentuk time series dari masa ke masa yang telah merangkum semua perjalanan Bank Indonesia. Pengunjung tidak perlu repot dalam mengakses informasi tersebut, karena semua informasi sudah dikemas dalam perangkat multi-media. Tidak hanya informasi yang berasal dari dalam negeri, BI Information Centre juga menyediakan beragam informasi yang berasal dari luar negeri. Jika pengunjung ingin fasilitas yang lebih modern, para pengunjung juga bisa memanfaatkan Bank Indonesia Virtual Museum sebagai sarana untuk mengakses informasi tentang BI melalui jaringan internet.

Kegunaan Pendirian Museum Bank Indonesia

Tujuan dari pendirian Museum Bank Indonesia ini sendiri, adalah sebagai berikut.

1. Sarana Komunikasi Kebijakan BI

Museum Bank Indonesia memiliki fungsi mensosialisasikan berbagai kebijakan yang telah dikeluaarkan Bank Indonesia sehingga masyarakat dapat lebih mudah mengetahui serta memahami kebijakan Bank Indonesia terkini.

2. Tempat Mengumpulkan, Menyimpah, hingga Merawat Benda Numismatik Ataupun Dokumen Bersejarah Bank Indonesia

Beragam jenis bentuk benda numismatik ataupun dokumen yang bernilai sejarah dalam perjalanan bank sentral Indonesia dan akan dikelola serta disajikan secara lengkap dan runtut, sehingga akan sangat mudah dipahami oleh berbagai lapisan masyarakat.

3. Sarana Rekreasi Literasi yang Menghibur & Mengedukasi

Museum Bank Indonesia sendiri bertujuan sebagai sarana edukasi yang menghibur masyarakat dengan menyediakan fasilitas pengetahuan ke bank sentralan berbasis teknologi terkini.

Bank Indonesia juga memiliki tugas tersendiri yaitu harus mmpu menjaga kestabilan nilai rupiah terhadaap brang dan jasa, menjaga kestabilan nilai rupiah terhaadap mata ung negara lain, membuaat serta mengawasi regulasi semua baank yang ada di Indonesia, melakukan penelitan serta pemantauan, menyimpan uaang kas negara serta memberikan bantuan dana kepada bank-bank di Indonesia yang sedang mengalami krisis.

Nah itu dia beberapa informasi penting seputar museum bersejarah Indonesia yang ternyata tempat bersejarah tersebut masih berperan aktif dalam pengembangan dunia yang ada. Sekian informasi ini kmi sampaikn, semoga dengan informasi yang kami sampaikan ini dapat menambah wawasan serta pengetahuan kalian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *