Rekomendasi Tempat Bersejarah yang Ada di Palembang

Rekomendasi Tempat Bersejarah yang Ada di Palembang

Rekomendasi Tempat Bersejarah yang Ada di Palembang

Palembang merupakan salah satu kota yang ada di Indonesia, dimana kota ini tidak hanya terkenal sebagai objek wisata kota saja melainkan berbagai wisata bersejarahyang mempesona. Palmebang ini sendiri merupakan ibukota daripada provinsi Sumatera Selatan. Kota yang sudah berusia selamka 13 abad ini meninggalkan berbagai sejarah di dalamnya yang menarik untu ditelusuri. Peninggalan yang berasal dari zaman Kerajaan Sriwijaya, Kesultanan Palembang Darussalam, hingga zaman kolonial Belanda.

Dahulu perencanaan kota di masa Sriwijaya ini berada di meander Sungai Musi yang berupa sebuah tanggul alam atau tanah yang meninggi. Kali ini, kami akan mengenalkan kepada kalianĀ  tempat bersejarah yang ada di Palembang dan wajib kalian ketahui. Simak daftar lengkapnya berikut di bawah ini.

Daftar Tempat Bersejarah yang Ada di Palembang

1. Benteng Kuto Besak

Daftar yang pertama ini merupakan salah satu benteng yang telah dihapuskan oleh Kesultanan Palembang Darussalam yang ada di tahun 1823 dan berada di wilayah sekitar Benteng Kuto Besak (BKB) dan telah dijadikan sebagai daerah adminsitrasi Hindia Belanda yang dipimpin oleh seorang residen. Pada masa ini, BKB ini yang awalnya merupakan tempat tinggal daripada Sultan Palembang sekarang dialihfungsikan sebagai instalasi militer dan tempat tinggal komisaris Hindia Belanda, Pejabat Pemerintahan, dan juga Perwira Militer.

2. Kambang Iwak

Selanjutnya adalah pusat pemerintahan kota Palembang yang dipindahkan ke lokasi baru pada sebelah Barat BKB. Kawasan yang didirikan berbagai bangunan umum dan telah dilakukannya pemindahan lokasi pasar yang semula di atas perahu sungai Musi dipermanenkan pada sebelah timur benteng. Kawasan Kambang Iwak yang dahulunya dikenal sebagai kawasan malam yang tidak baik sekarang berubah dengan kawasan area taman hijau untuk digunakan sebagai olahraga marathon.

3. Rumah kapitan Cina

Di jalan Merdeka serta kawasan talang Semut masih sering ditemukannya berbagai bangunan kuno yang berasal dari kesultanan dan juga kolonial. Di mana pada kawasan BKB ini, kita masih dapat menemukan berbagai bangunan kuno yang berasal dari masa kesultanan dan kolonial. Di kawasan ini kita masih dapat menemukan berbagai tempat sejarah dan beberapa bangunan kuno dari masa kolonial. nDi Talang Semut ini masih terdapat sebuah sekolah dan gereja kuno yang dilihat pada lansekapnya seperti jaringan jalan yang mengikuti berbagai keadaan kontur lahan setempat dan juga berbukit bukit.

Gaya arsitektur dan cici khas bangunan di sepanjang Jalan Merdeka ini memiliki ciri khas dan pernah penjadi gaya hidup di negara Indonesia pada masa awal abad XX. Kekhasannya ini tercermin pada berbagai bangunan yang terletak di penggabungan gaya arsitektur Eropa dengan idnonesia.

4. Masjid Agung Palembang

Dan yang terakhir adalah sebuah tempat ibadah yang sudah berdiri sejak lama di kota Palembang. Dimana pada saat masa pemerintahan Kesultanan Palembang Darussalam, kegiatan kota ini berpusat pada sepanjang tepi Sungai Musi. Sebagian besar aspek pemukiman ini berlokasikan di tepi utara sungai tepatnya di bangunan keraton, mesjid, dan juga pemukiman rayat. Dimana rungah tinggalnya berupa rumah panggung yang terbuat dari bahan kayu dan bambu beratap daun kelapa, serta rumah rakit yang ada di tepi sungai Musi.

Nah itu dia bebebrapa daftar tempat bersejarah yang ada di kota Palembang yang wjaib kalian ketahui. Untuk kalian yang tinggal di daerah Palembang dan sekitarnya jangan lupa untuk mampir ke tempat wisata bersejarah di bawah ini ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *